Senin, 03 November 2014

BAB III

AKTIFITAS KERJA DAN PERMASALAHAN

A. Aktifitas Kerja
Selama 3 bulan mengikuti PSG (pendidikan sistem ganda) kegiatan yang  paling menarik bagi penulis adalah melakukan penjumperandi MDF. Penulis masuk pada pukul 08:00 lalu penulis apbsen terlebih dahulu, dan sesudah absen penulis langsung ke MDF. Lalu penulis menyiapakan alat-alat yang digunakan seperti: testphone, insertion tool, tang potong, konektor jika diperlukan, dan test tune. Kemudian penulis menunggu telepon dari dari petugas lapangan yang akan mengabarkan kerusakan/ganguan pada telepon atau speedy. Setelah alat-alat siap pakai penulis pergi keterminal vertikal yang sudah diserahkan petugas lapangan kepada penulis, lalu penulis melakukan pengecekan di primer dan klem yang bermasalah, ini juga bisa disebut “maintanance” atau menangani kerusakan/kesalahan pada sebuah perangkat/juga bisa sebagai perawatan pada sebuah perangkat. Stelah penulis melakukan pengecekan ternyata penulis menemukan permasalahannya, yaitu: kerukan kabel jumper/terjadi kontak.
Setelah penulis menemukan permasalahannya maka penulis emnuju EQN untuk dilakukannya penegecekan terlebihdahulu di EQN. Pertama, lakukan penegcekan di EQN apakah nomor yang berada di EQN sudah benar/belum. Jika lampu di testphone ternyata mati, maka cabut dulu kabel jumper yang kearah terminal blok vertikal, lalu lakukan pengecekan lagi. Jika lampu indikator menyala maka masalahnya terjadi pada kabel jumper. Kemungkina terjadi jumper terjadi persilangan. Jadi solusinya, penulis melakukan penggantian kabel jumper yang lama dengan yang baru. Sebelum mengganti kabel jumper dengan kabel yang baru usut dulu kabel yang tadi bermasalah dari EQN kearah terminal blok vertikal, keluarkan kabel yang rusak tadi, lalu ganti dengan kabel jumper yang baru. Lalu catukan kabel jumper di terminal blok vertikal dan di blok horizontal. Setelah kabel jumper di ganti penulis melakukan pengecekan lagi di terminal vertikal untuk memastikan bahwa nomer yang bermaslah tadi sudah bisa di gunakan kembali.
Setelah selesai penulis merpikan kembali alat-alat yang tadi digunakan dan menghubungi petugas RK bahwa perbaikan sudah selesai dan siap digunakan.


B.  Permasalahan Yang Dihadapi 
Setelah selesai perbaikan MDF maka penulis menyimpulkan adanya  masalah-masalah yang sering di MDF:
1. EQN mati
2. Kerusakan kabel primer
3. Kerusakan kabel jumper.


C. Pecahan Masalah
 Untuk mengatasi masalah-maslah yang sering terjadi di MDF yaitu:
1. EQN  Mati
EQN tidak menyala di akibatkan karena kabel dari sentral ke EQN kemungkinan terputus/kulit kabel sentral terbuka atau terluka, maka EQN dengan nomor pelanggan yang gangguan harus dipindahkan.
2. Kerusakan Kabel Primer
Apabila terjadi kerusakan pada kabel primer sedangkan kabel
jumpernya bagus maka tindakan yang dilakukan adalah mengomset primer dengan cara memindahkan kabel jumper yang tadi berada di klem gangguannya ketrminal vertikal yang lain.
3. Kerusakan Kabel Jumper
Kontak pada jumper wire biasanya dikarenakan kabel jumper yang terjepit atau pelindung isolasinya terluka dan menyebabkan inti kabel saling terhubung. Apabila terjadi kontak pada kabel jumper maka tindakan yang harus dilakukan adalah mengeluarkan kabel jumper dari lubang yang berada di belakang terminal vertikal/horizontal lalu masukan kembali ke klem seharusnya. Kalau masih kontak maka kabel yang terluka berada di tengah alur kabel. Maka tindakan yang harus dilakukan adalah mengganti kabel jumper dengan yang baru

0 komentar:

Posting Komentar