Kamis, 23 Oktober 2014

BAB IV

PENUTUP

Demikian laporan hasil Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang telah dibuat oleh penulis dari hasil Pendidikan Sistem Ganda (PSG) kurang lebih tiga bulan. Laporan ini berdasarkan pada pengalaman, praktek dan data-data yang dikumpulkan selama Prakerin berlangsung. Didasari oleh penulis bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, terutama yang disebabkan karena terbatas pengetahuan yang penulis miliki serta waktu pelaksanaan Prakerin yang terbilang  singkat.
Pada akhir laporan ini penulis mencoba membuat suatu kesimpulan dan saran-saran yang mungkin dapat bermanfaat bagi pembaca atau bagi angkatan selanjutnya.

A.      Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman yang diperoleh penulis selama pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di TELKOM AKSES Banjarmasin ada beberapa hal yang dapat disimpulkan oleh penulis, yaitu :
1.    Setelah melaksanakan kegiatan PSG, siswa mendapat keterampilan dan pengalaman yang memadai sebagai bekal di dunia kerja di masa yang akan datang.
2.    Kegiatan PSG sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru. Dengan adanya kegiatan PSG siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
3.  PSG merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mampubergaul dan bekerja sama denga masyarakat luar.
B.     Saran-saran
1.    Saran Bagi Lokasi PSG (PT. TELKOM)
       Hendaknya pembimbing lebih banyak memberikan kesempatan, jangan memberikan kesempatan  kepada siswa yang melaksanakan PSG untuk terjun langsung  dalam pekerjaan.
2.    Saran Bagi Pihak Sekolah
       Pembimbing dari sekolah sebaiknya melakukan kontak secara berkala dan rutin kepada siswa megikuti program PSG sehingga mempermudah siswa melakukan konsultasi kepada pihak sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar