Kamis, 23 Oktober 2014

BAB I


PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah suatu bentuk kerja sama antara YSPT dengan TELKOM Dalam Praktek Kerja Industri di lapangan, uji praktek kompetensi dan sertifikasi bagi siswa yang bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan Dunia Usaha/ Industri (DU/ DI) dan adanya pengakuan berupa pemberian sertifikat.       
Pelaksanan PSG ini didasari pada perjanjian kerjasama antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor :TEL. 175/ HK810/ HRC60/ 2012 DAN Nomor: PKS. 09/ PDD/ DPPP-YSPT/V/2012. Tentang  : PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah pembinaan YSPT untuk diberikan kesempatan guna memanfaatkan fasilitas TELKOM melalui Pendidikan Sistim Ganda.
Pelaksanaan instalasi FTTH di Citra Land Banjarmasin.
B.Tujuan
1.    Tujuan Pelaksanaan PSG
a.         Memperoleh pendidikan untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki   keahlian profesional.
b.         Mengetahui perbedaan antara lingkungan Sekolah dengan lingkungan Dunia Usaha/Dunia Industri.
c.         Memberikan gambaran bagi penulis mengenai bagaimana cara bekerja yang baik dan benar sesuai dengan pendidikan yang didapat di dunia pendidikan atau sekolah.
2.    Tujuan Pembuatan Laporan
a.       Sebagai bukti melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada kantor.
b.   Sebagai laporan dari hasil Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
c.       Sebagai pedoman untuk karya tulis selanjutnya
d.      Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulisan sendiri.
e.      Sebenarnya kegiatan-kegiatan yang penulis lakukan pada saat melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di TELKOM AKSES BANJARMASIN itu sangat banyak, tapi ada 1 hari pada saat itu yang penulis rasa cukup berkesan dan ada  hubungannya dengan laporan ini dan penulis harap dari 1 hari tersebut dapat mewakili apa yang penulis lakukan sehari-hari selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).


C.      Batasan Masalah
Ruang lingkup yang diambil oleh penulis pada penulisan laporan kerja praktek di TELKOM AKSES BANJARMASIN ini adalah : Praktek langung instalasi Fiber to the home di Citra Land.

D.      Metode
1.    Metode Pratikum
Pengumpulan data dengan langsung ke lokasi Kerja Praktek, dalam hal ini dibantu oleh pembimbing dari perusahaan / instansi tersebut.
2.    Metode Observasi (Pengamatan)
Metode ini penulis gunakan waktu melaksanakan Prakerin dengan mengamati langsung tentang bagaimana kegiatan  yang berlangsung tpsa waktu suatu pekerjaan sedang berlangsung.
3.    Metode Wawancara
Dengan menanyakan langsung data-data kepada pemimpin atau tanya jawab dengan pihak terkait.
4.    Metode Kepustakaan
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literature, catatan-cataan, dan laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang diangkat dalam laporan.
5.    Metode industri
Metode yang  dilakukan oleh siswa PKL langsugn mengunjungi kegiatan industri di perusahaan misalnya, saya langsung mengamati kegiatan industri.
E.     Sistematika Penulisan Laporan
1.      BAB  I                        PENDAHULUAN
Terbagi atas latar belakang masalah, Tujuan dan Mafaat Pendidikan Sistem Ganda, Metode Pendidikan Sistem Ganda, serta Sistemtika penyusunan  laporan Pendidikan Sistem Ganda.
2.      BAB II            LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang Pengertian Serat Optik, Bagian Serat Optik, Jenis Serat Optik, Kelebihan dan Kekurangan Serat Optik dan Trouble Shooting Pada Kabel Serat Optik.
3.      BAB III          KEGIATAN YANG DILAKUKAN PADA SAAT PSG
Bab ini memfokuskan kepada permasalahan yang dihadapi di lapangan.
4.      BAB IV            PENUTUP

Pada bab ke lima ini akan di sertakan kesimpulan dan saran penulis selama melakukan Praktik Kerja Lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar