Minggu, 19 Oktober 2014

BAB I



Di masa sekarang ini, keahlian dibidang teknologi telekomunikasi memiliki potensi dan peran yang sangat besar di dalam kehidupan sosial, budaya, masyarakat, dan dunia kerja, karena pada zaman sekarang telekomunikasi merupakan peran yang sangat diperlukan hamper disetiapaspek kehidupan tidak terkecuali dunia industri.
Dimana dewasa ini segala hal telah bergantung pada komunikasi yang telah tidak memiliki batas ruang dan waktu sehingga persaingan dunia industri diberbagai aspek pun semakin ketat.
Hal tersebut diatas juga yang menjadi dasar pelaksanaan Pedidikan Sistem Ganda (PSG) yang merupakan suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan atas kerjasama dunia industri, SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru, serta peserta PSG yang mana bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama dibangku sekolah secara teoritis maupun praktek didunia kerja yang nyata ini. Dan SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan wadah yang tepat untuk mengagali segala potensi di bidang telekomunikasi tersebut. Dan pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru pada umumnya dan pada pembentukan SDM yang  memiliki keahlian, keterampilan, dam etos kerja yang tinggi di bidang teknologi telekomunikasi secara khususnya.

A.   Tujuan

1.      Tujuan dari pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini bertujuan untuk :
a.       Mempersiapkan tenaga kerja yang ahli dan professional dengan pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia industri telekomunikasi.
b.      Meningkatkan dan memperluas pengetahuan siswa SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru tentang teknologi informasi baru yang didapatkan dari lapangan yang sebelumnya tidak pernah diberikan disekolah.
c.       Memberi kesempatan bagi siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja yang terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar potensi.
d.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan penelitian tenaga kerja yang berkualitas professional.
e.       Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja siswa SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru sebagai bagian dari proses pendidikan berupa sertifikat.

2.      Tujuan Pembuatan Laporan PSG

Adapun tujuan pembuatan laporan adalah sebagai berikut :
a.    Sebagai syarat yang telah diterapkan oleh sekolah untuk menyelesaikan pendidikan di SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Banjarbaru.
b.   Sebagai bahan pertimbangan antara pelajaran yang diterima di sekolah dengan keadaan sesungguhnya dilapangan.
c.    Sebagai tanda bukti dan bahan pertanggung jawaban siswa secara tertulis terhadap pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
d.   Sebagai saran evaluasi terhadap hasil kegiatan PSG yang telah dilaksanakan.
e.    Sebagai tugas bagi siswa agar berlatih dalam menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk karya tulis.
f.     Sebagai penunjang dan peningkatan pengetahuan siswa angkatan selanjutnya.

B.   Batasan Masalah

            Dalam melakukan pembuatan laporan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda ini, penulis akan membatasi kajian mengenai masalah yang akan dibahas agar pembahasan menjadi lebih terarah. Adpun pembahasan yang akan diangkat adalah mengenai Instalasi Jaringan FTTH (Fiber To The Home).

C.   Metode

Metode-metode yang digunakan penulis dalam memperoleh data untuk pembuatan laporan yaitu :
1.      Metode Praktikum
Yaitu dengan cara mempraktikan langsung pekerjaan yang didapat selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda.
2.      Metode Observasi
Yaitu dengan cara mencatat data secara langsung terhadap objek yang diamati dilapangan maupun dikantor.
3.      Metode Wawancara
Yaitu melakukan Tanya jawab kepada pihak yang terkait dibidangnya tentang masalah yang diamati untuk mendapatkan informasi yang efektif.
4.      Metode Validasi data
Yaitu dengan cara mengambil kesimpulan dari data maupun informasi yang diperoleh dan telah dikumpulkan selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. Data maupun informasi ini dikumpulkan baik dari praktik dilapangan maupun secara teori yang didapat dari pembimbing lapangan.

D.   Manfaat Pendidikan Sistem Ganda
1.      Manfaat bagi siswa
a.       Siswa dapat mengetahui perangkat-perangkat yang digunakan.
b.      Siswa dapat belajar bagaimana cara mengatasi gangguan yang ada dilapangan.
c.       Siswa mendapat pelajaran yang belum ada disekolah.
d.      Siswa dapat mengetahui berbagai macam gangguan yang ada dilapangan.
2.      Manfaat bagi Dunia Industri (DUDI)
a.       Siswa dapat membantu meringankan pekerjaan pembimbing.
b.      Memberikan kontribusi dalam mencapai target pekerjaan dilapangan baik secara kualitas maupun kuantitas.
c.       Untuk membantu dunia industri mengidentifikasikan potensi SDM bidang telekomunikasi dipasar tenaga kerja.

0 komentar:

Posting Komentar