Kamis, 23 Oktober 2014

BAB IV

PENUTUP

Demikian laporan hasil Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang telah dibuat penulis dari hasilkegiatan PSG yang berlangsung ± 3 bulan. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman praktek dan pengumpulan data-data selama prakerin berlangsung. Penulis sadar tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat pada laporan ini, terutama disebabkan karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki penulis. Semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca dan angkatan selanjutnya yang akan melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
A.  Kesimpulan
Kesimpulan ini dikutip dari materi yang telah disajikan penulis pada bab-bab sebelumnya, kesimpulan yang dapat penulis ambil diantaranya sebagai berikut :
1.    Jaringan Lokal Akses Tembaga merupakan jaringan akses dari sentral ke pelanggan dengan menggunakan tembaga sebagai medianya.
2.    jaringan kabel lokal dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu  Jaringan catu langsung Jaringan catu tak langsung Jaringan catu kombinasi.
3.    Sturktur jaringan kabel lokal dimulai dari Rangka Pembagi Utama (RPU) hingga peswat telepon pelanggan.
4.    Jenis konektor pada telepon ada dua yaitu : RJ 11 dan RJ 8.
5.    Jenis gangguan pada jaringan telepon sangat banyak salah satunya adalah isolasi \ putus.
6.    Faktor penyebab gangguan ada banyak misalnya : gangguan alam, tegangan liar, faktor manusia, binatang dan lain-lain.
7.    Metode perbaikan gangguan salah satunya adalah Omset dan Charge Battere.
8.    Dalam menyambung kabel telepon, terutama diterminal boks yang berkapasitas besar, butuh penataan penyambungan.
9.    Kabel telepon umumnya dipilih 2pair terdiri dari warna Biru-Merah-Hitam-Putih.

B.     Saran-Saran
1.      Saran bagi Lokasi PSG ( PT.Pertamina RU V Balikpapan )
a.    Hendaknya pembimbing lebih banyak memberi kesempatan, jangan memberikan kesempatan setengah-setengah kepada siswa yang melaksanakan PSG.
b.    Masing-masing bagian dan divisi mempunyai peranan yang saling mendukung dan jangan saling menyalahkan apalagi lepas tangan, maka diperlukan kekompakan dan kerja sama antara personil dari masing-masing bagian dan divisi.
c.    Jika kita menghendaki kemajuan perusahaan mulailah dari diri kita sendiri. Kemajuan perusahaan terletak pada orang yang bekerja pada perusahaan tersebut.
d.   Lebih memberikan kepercayaan kepada peserta PSG saat melaksanakan atau menyelesaikan suatu pekerjaan.
2.      Saran bagi pihak sekolah
a.    Pembimbing dari sekolah sebaiknya melakukan kontak secara berkala dan rutin kepada siswa mengikuti program PSG sehingga mempermudah melakukan konsultasi kepada pihak sekolah.
b.    Sebelum melakukan Prakerin, siswa hendaknya dibekali keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang dunia pertelekomunikasian.
c.    Pihak sekolah lebih memperbanyak kegiatan praktek disekolah agar para siswa yang akan melaksanakan PSG benar-benar menguasai ilmu tersebut dan tidak hanya sekedar bisa.

d.   Pelajaran yang ada disekolah hendaknya mengikuti perkembangan yang terjadi didunia pertelekomunikasiaan. Karena seperti kita tau, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi didunia perkembangannya sangat pesat sekali.

0 komentar:

Posting Komentar